Langsung ke konten utama

Indahnya Hidup Dalam Naungan Islam

INDAHNYA HIDUP DALAM NAUNGAN ISLAM
 
Setiap manusia tentu menghendaki kehidupan yang indah dan menyenangkan, tak hanya di dunia tentu pula di akhirat.  Di tengah kesulitan manusia meraih cita-cita tersebut, menjadi muslim sejati adalah modal utama yang tak ternilai harganya.  Namun, bagaimana meraih kesejatian muslim tersebut di tengah rusaknya tatanan kehidupan manusia.  Benarkah seorang muslim sejati akan meraih keindahan hidup?  Dan bagaimana pula keindahan itu bisa diwujudkan?


Konsekuensi Keimanan Seorang MuslimMenjadi muslim adalah pilihan yang disertai dengan kesadaran untuk menghamba sepenuhnya kepada Allah SWT (QS. Adz Dzariyat : 56).  Oleh karena itu, seorang mukmin akan tunduk patuh (taat) menerima semua ketentuan yang diberikan Allah SWT bagi kehidupannya dengan penuh kepasrahan (QS. An Nisaa : 65).  Allah SWT juga telah memerintahkan setiap muslim untuk menerima Islam secara kaaffah (seluruhnya), bukan sebagian-sebagian (QS.   Al Baqarah : 208).

Kesempurnan  IslamAllah SWT menurunkan Islam sebagai penuntun kehidupan manusia.  Bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah, Islam sebagai agama (syariat) terakhir memiliki keunikan sehingga mampu menjadi pedoman hidup manusia, mampu menyelesaikan seluruh problematika manusia dan bisa mengantarkan manusia menuju kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.  (QS al Baqoroh : 2, QS. An Nahl :84).
 

Islam yang diturunkan melalui Rasulullah Muhammad saw ini begitu sempurna.  Aturannya mencakup seluruh perikehidupan manusia, baik yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan tuhannya, manusia dengan manusia lain, maupun dengan dirinya sendiri.  Dilihat dari kandungan hukum-hukumnya, Islam mengatur seluruh sisi kehidupan manusia baik bagi individu (seperti ibadah, makanan, pakaian, akhlak, dll), keluarga (seperti perikahan, waris, nasab, dll), masyarakat (seperti masalah muamalat, hubungan sosial, dll) maupun negara (seperti politik pemerintahan, ekonomi, keamanan, pendidikan, dll).
 

Itulah Islam yang dijadikan Allah SWT sebagai jalan menuju kebaikan hamba-hamba-Nya.  Islam tidak hanya mengatur ritualitas (ruhiyah, aqidah dan ibadah) semata.  Namun Islam juga mengatur aspek kemanusiaan (dimensi politis-sosial).  Berbeda dengan agama lain yang tidak memiliki aturan yang lengkap, maka Islam adalah agama yang syamil (lengkap).  Dengan kelengkapannya itulah Islam akan mampu memberi kebaikan.  Sebaliknya, jika Islam diterima sebagian-sebagian ia tidak akan menjadi rahmat bagi pemeluknya.  Maka benarlah jika Allah SWT memerintahkan setiap muslim untuk menerima Islam secara kaffah (sempurna, QS Al Baqoroh : 208).  Perwujudannya akan nampak dari seluruh perilaku kehidupannya, apakah sesuai dengan syariah Islam atau tidak.

Ironi Kehidupan Umat Islam KiniMeski Allah SWT secara tegas memerintahkan setiap muslim untuk menegakkan Islam secara kaffah, pada faktanya kini dijumpai banyaknya penyimpangan dari kewajiban tersebut.  Akibatnya Islam belum menjadi rahmat, kehidupan umat Islam pun diliputi banyak kesulitan.  Mari kita perhatikan kondisi umat Islam yang saat ini terpuruk.  Banyaknya problem umat  baik bidang ekonomi, politik kekuasan, sosial-keluarga, pendidikan, keamanan, dan lain-lain menunjukkan bahwa meski Islam menjadi agama mereka, namun keberkahan dari Allah SWT belum diturunkan kepada umat Islam.  Itu semua dikarenakan umat meninggalkan Islam, atau mengambil Islam hanya sebagian.
 

Peringatan Allah SWT berikut semestinya kita renungkan, QS Al Mu’minun : 71, QS Ar Ruum : 41.  Sungguh tak ada jalan lain untuk keluar dari persoalan tersebut melainkan jika kita membali kepada petunjuk Allah SWT, melalui pelaksanaan Islam secara sempurna.  Sebab, itulah yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa (QS Al A’raf : 96).

Bangkit dari KeterpurukanSejatinya, umat Islam adalah sebaik-baik umat (QS Ali Imran : 110).  Predikat ini selayaknya mendorong umat untuk maju melakukan perubahan.  Apalagi Allah SWT telah menyerahkan urusan kebangkitan ini kepada umat Islam sendiri.  Jika kaum muslim mau berusaha Allah pun akan memberikan kemenagan itu (QS. Ar Ra’du : 11, QS Muhammad  [47] : 7).
 

Dari sinilah, selayaknya umat Islam secara keseluruhan berusaha menghadirkan kembali Islam dalam bentuk yang bisa mengantarkan rahmat Allah SWT.  Kesadaran ini juga didorong oleh wasiat baginda Rasulllah saw. agar kita senantiasa menyibukkan diri pada urusan agama ini dan umat Islam.
"Barangsiapa di pagi hari perhatiannya kepada selain Allah, maka Allah akan berlepas dari orang itu. Dan barangsiapa di pagi hari tidak memperhatikan kepentingan kaum muslimin maka ia tidak termasuk golongan mereka (kaum muslimin)". (al Hadits).


Dahulu kaum muslim berjaya karena menegakkan Islam secara sempurna.  Baginda Rasulullah saw. pun telah mencontohkan perikehidupan bermasyarakat yang melahirkan kesejahteraan, kedamaian, keamanan dan kemajuan bagi kaum muslim dalam berbagai sisi.  Tatanan kehidupan tersebut selanjutnya diteruskan oleh para khalifah sesudah beliau.  Para shahabat bersepakat untuk menjaga bentuk masyarakat yang dipimpin Rasulullah saw. tersebut karena mereka meyakini bentuk masyarakat ini adalah perkara yang diperintahkan syariat sehingga tidak boleh ditinggalkan.
 

Maka kaum muslim selama hampir 13 abad meneruskan bentuk masyarakat Islam yang dicontohkan baginda Nabi saw. itu.  Selama itu pula kaum muslim memperoleh kebaikan, bukan saja di sisi Allah SWT karena menerapkan syariat-Nya secara kaffah.  Namun juga kebaikan di hadapan manusia di seluruh penjuru dunia karena kemajuan peradaban yang pernah diraihnya. 
 

Masyarakat Islam yang menebar rahmat bagi seluruh alam pernah hadir dalam kurun perjalanan manusia di dunia ini.  Masyarakat inilah yang oleh para fuqoha (ulama) disebut dengan Khilafah Islamiyyah.  Bentuk masyarakat Islam inilah yang mengantarkan keindahan Islam secara hakiki.
 

Para fuqoha selanjutnya menggali urgensi khilafah Islamiyyah tersebut untuk masa kekinian.  Di tengah keterpurukan umat, di tengah sistem masyarakat yang tidak sesuai dengan Islam, maka sistem khilafah Islamiyyah diperlukan karena :
•    Sistem khilafah, memang berbeda dengan sistem yang ada sekarang, seperti republik dan kerajaan.
•    Khilafah Islamiyyah memungkinkan persatuan umat (ukhuwah Islamiyyah) terealisasi.
•    Secara nyata kaum muslim saat ini (yang hidup di luar sistem khilafah Islam) terkungkung krisis multidemensi.  Mereka membutuhkan sistem yang lain yang terbukti pernah mengantarkan kejayaan bangsa.
•    Khilafah Islamiyyah telah mengantarkan umat Islam menjadi khoiru ummah.
•    Sistem masyarakat saat ini telah melemahkan kekuatan umat sehingga tidak mampu menandingi kekuatan Internasional musuh-musuh Islam.  Padahal dengan khilafah Islamiyyah, dunia Islam akan bersatu dan menjadi kekuatan yang pasti ditakuti musuh-musuhnya (kaum kafir)
•    Dengan begitu khilafah adalah benteng dari penjajahan Barat terhadap umat, seperti yang saat ini dirasakan.
•    Sungguh hanya dalam sistem khilafah Islam saja, kesempurnaan pelaksanaan hukum-hukum Islam terjamin, karena Khilafah Islamiyyah bukan negara sekuler yang memisahkan urusan agama dari kehidupan.

Itulah Khilafah Islamiyyah, sebuah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia untuk menegakkan hukum-hukum syari’at Islam dan mengemban dakwah Islam ke segenap penjuru dunia .  Islam yang hadir dalam sistem kekhilafahan menjamin kehidupan umat Islam yang dipenuhi rahmat dan kebahagiaan.  Saat itulah keindahan hidup akan benar-benar dirasakan, yaitu tatkala berada dalam naungan Islam, dalam naungan khilafah Islamiyyah.  Semoga kita diberi kekuatan untuk mewujudkannya.  Aamiin, ya Robbal ‘alamiin.[]Noor Afeefa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menanamkan Adab Bicara kepada Anak

Menanamkan Adab Bicara kepada Anak Di antara perkara yang cukup merepotkan orang tua dari tingkah laku anak-anaknya adalah kebiasaan buruk dalam berbicara.  Padahal berbicara adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan manusia.  Berbicara pula yang pertama-tama dilakukan bayi saat baru lahir, melalui tangisannya.  Dan betapa bahagianya sang ibu tatkala mendengar kata pertama yang diucapkan buah hatinya.  Selanjutnya, seiring perjalanan waktu, sang anak pun mulai tumbuh, berkembang, dan menyerap berbagai informasi yang diterimanya.  Saat itulah sang anak mulai banyak mengatakan segala sesuatu yang pernah ia dengar.  Sayangnya, tak jarang kebahagiaan ibu harus tergantikan oleh rasa prihatin terutama saat sang buah hati mulai berbicara tanpa adab, sopan santun, bahkan  bertentangan dengan syari’at.  Rasa prihatin kian mendalam bila ternyata meski anak sudah mulai menginjak usia baligh, adab berbicara justru semakin ditinggalkan.  Tak jarang ditemui mereka berani membanta

Sistem Islam Atasi Pergaulan Bebas

Sistem Islam Atasi Pergaulan Bebas Pergaulan bebas rupanya masih menjadi persoalan paling rumit khususnya bagi remaja.  ; Setidaknya mungkin itulah bentuk keprihatinan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi pada peringatan Hari Anak Nasional beberapa hari lalu.  Saking prihatiannya, menteri yang baru diangkat tersebut pun kembali melontarkan pernyataan nyeleneh, yaitu pacaran ‘sehat’.  Menurut beliau, dalam berpacaran harus saling menjaga, tidak melakukan hal-hal yang berisiko.  Masa remaja adalah masa yang tepat untuk membekali informasi, penguatan mental, dan iman dari keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar, sebelum mereka mulai aktif secara seksual (antaranews.com, 13/07/2012).  Sebelumnya beliau juga telah menyampaikan sebuah kebijakan kontroversi, yaitu kondomisasi yang ditentang keras oleh hampir seluruh komponen umat Islam. Berkaitan dengan penanggulangan masalah pergaulan bebas ini, beberapa waktu lalu, LPOI (Lembaga Persahabatan Ormas Islam) juga mengusulkan solu

Keluarga dalam Ancaman Kapitalisme

Keluarga dalam Ancaman Kapitalisme Tak dapat dipungkiri, kehidupan sekuler kapitalistik yang mendominasi kehidupan kaum muslim saat ini telah membawa petaka di segala bidang, tak terkecuali institusi keluarga.  Gambaran indahnya keluarga muslim sejati yang dijanjikan Allah SWT kini pudar tergerus oleh kejahatan kapitalisme.  Ideologi yang menjauhkan agama dari kehidupan ini telah sukses mengantarkan keluarga di ambang kehancuran.   Kapitalisme Biang Kerok Segala Persoalan Di antara persoalan paling menonjol yang ditimbulkan kapitalisme adalah kemiskinan.  Bahkan kemiskinan telah menjadi momok paling menakutkan sehingga sempat menipu sebagian kalangan yang ingin melakukan perubahan bagi masyarakat.   Saking beratnya, kemiskinan dianggap persoalan paling penting, sedangkan aspek yang lain kerap dikesampingkan.  Mengapa kapitalisme menghasilkan kemiskinan?  Tentu saja, karena teori ekonomi kapitalisme dibangun berdasarkan asumsi yang keliru.  Asumsi yang selalu ditanamka